Sabtu, 11 Desember 2010

Atur Java dan Apache Ant di Windows

Untuk dapat menggunakan Apache Ant dalam otomatisasi proses build program yang ditulis dalam bahasa java, atur dulu environtment variabel untuk Jdk Java dan Apache Ant. Jdk Java yang digunakan adalah Jdk 1.6 atau versi terbaru dan Apache Ant 1.8 atau versi terbaru. Download Apache Ant 1.8.1 disini.
Atur Environtment Variabel, buka System Properties > Advanced > Environtment Variabel. Pada PATH, tambahkan variabel value nya alamat terinstall jdk (C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.6.0_18\bin) dan alamat ekstrak dari Apache Ant (E:\Master\Programming Aplication\apache-ant-1.8.1\bin) dipisah tanda titik koma “ ; “. Untuk path ini alamat yang dimasukkan sampai posisi \bin.
     
Kemudian buat variabel baru dengan nama JAVA_HOME, isi variabel value nya dengan alamat jdk (x86)\Java\jdk1.6.0_18). Buat juga variabel baru dengan nama ANT_HOME, isi variabel value nya dengan alamat Apache Ant (E:\Master\Programming Aplication\apache-ant-1.8.1). Alamat yang dimasukkan tidak sampai posisi \bin.



Cek apakah java dan Ant sudah dikenali dengan menggunakan perintah > java –version untuk java dan > ant –version untuk ant pada command prompt windows. Jika sudah dikenali maka hasilnya sebagai berikut.


Pada saat login maka terminal windows sudah mengenali Java dan Ant yang sudah diinstall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar